468x60 Ads

HIDUNG YANG CANGGIH


Harumnya aroma kopi, mampu menyemangati kita. Sedapnya aroma makanan, dapat memencing selera makan kita. Sebaliknya, busuknya bau sampa dapat membuat kita mual dan muntah. Ya, kita mampu mengenali berbagai macambau, karna kita memiliki hidung yang canggih.
Hidung kita laksana  laboratorium analis kimia. Ia akan mengindetifikasi setiap bau yang masuk melaluinya.
Bau , sebenarnya adalah molekul-molekul kimia yang terlarut dalam udara. Ketika kita bernafas, sebagian udara akan dialirkan menuju sel-sel syaraf penerima dibagian ini lalu mengirimkan pesan yang mereka terima dari molekul bau ke otak.
Pusat penciuman di otak akan menganalisa pesan-pesan dari beragam sel syaraf penerima. Inilah yang kemudian memunculkan apa yang kita rasakan sebagai “bau”.  Pusat data di otak dapat mengenali hingga 10.000 bau yang berbeda. Hebatnya, semua peruses itu hanya langsung kurang dari satu detik.
Itulah hebatnya hidung kita. Tapi, itu baru 5% dari hidung fungsi hidung kita. Sembilan puluh lima persen lainnya melakukan dua tugas penting dari system pernafasan.
Pertama, menghangatkan dan melembabkan udara yang kita hirup setiap detik. Tugas dijalnkan oleh lapisan lender yang dibagian  dalam hidung dengan cara melepaskan uap air. Pembuluh kapiler yang teletak persis  dibawah lapisan lender ini membantu menghangatkan udara yang melalui saluran ini. Perangkat ini bekerja dibagaikan alat pengatur  udara sangat canggih yang mengatur suhu dan kelembaban udara.
Kedua, menjadi “penjaga gerbang” menghadapi kuman dan butiran debu yang tebawa oleh udar yang kita hirup. Butiran yang bisa membahayakan ini terperangkap oleh lapisa lendir dan kemudian oleh silia, organ yang mirip rambut. Lendir  yang dipenuhi bahan-bahan  berbahaya ini didorong oleh silia  kearah tenggerokan. Lalu dikeluarkan dari tubuh melalui batuk, atau, akan tertelan dan dihancurkan oleh asam di dalam lubang. Lapisan lendir, dan sel-sel penghasil lendir, dan silia bekerja layaknya sebuah pusat pembersihan kimiawi yang dibangun dialam hidung kita.
Hidung yang secara kasat mata hanya berwujud dua lubang, ternyata di dalamnya terdapat system canggih yang dirancang khusus untuk manusia.
“sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam  bentuk yang sebaik-baiknya.” (QS. At-Tiin : 4).

0 komentar:

Posting Komentar